Algoritma Pemprograman II

Pada Algoritma Pemprograman ke 2 ini Akil Sagitarius Programer akan membahas tentang kelanjutan dari Algoritma Pemprograman yg pertama....

Bagi sahabat yg belum membaca Algoritma Pemprograman silahkan baca terlebih dahulu...
kali ini kita membahas tentang Konsep Dasarnya...


KONSEP DASAR.
A. ALGORITMA
  1. Algoritma adalah urutan langkah-langkah penyelesaian masalah yang tersusun secara sistematis dan logis.
  2. Tujuan Algoritma adalah meenyeleesaikan masalah.
  3. Logis : Dapat diketahui nilai kebenarannya (BENAR or SALAH)
  4. Sistematis : Tersusun secara berurutan

B. PEMPROGRAMAN
  1. Pemprograman adalah keegiatan menyusun kode program oleh seseorang (programer) menggunakan bahasa pemprograman. Pemprograman berasal dari kata program (Program = software aplikasi). Contoh Software aplikasi
    • Aplikasi Game
    • Aplikasi Penjualan
    • Aplikasi Perbankan
  2. Tujuan Program adalah membantu seseorang menyeleesaikan masalah.
  3. Langkah Pemprograman :
    • Mendeefeenisikan masalah.
    • Menentukan input / output.
    • Menyusun algoritma.
    • Menulis program.
    • Menguji program.
C. CIRI-CIRI ALGORITMA
1. Suatu Algoritma mempunyai awal & akhir.
2. Setiap langkah harus di defenisikan dengan tepat sehingga tidak memiliki arti ganda.
3. Memiliki masukan atau kondisi awal.
4. Memiliki keluaran atau kondisi akhir.
5. Algoritma harus efktif, bila di ikuti benar-benar akan menyleesaikan persoalan.



D. METODE PENULISAN
Didalam Metode Penulisan Algoritma menggunakan 3 Metode Penulisan, yaitu sebagai berikut :

  • Bahasa Alamiah.
  • Pseudo Code.
  • Flowchart.

 Sekian dulu yach teman, soalnya banyak kerjaan numpuk nich.

Nach untuk selanjutnya silahkan tetap standby di Akil Sagitarius Programer
See you next time.

    Posting Komentar

    0 Komentar